SUJUD SYUKUR

IAssalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahim
Allahumma shalli wasalim sayyidina Muhammad .
Kita ucapkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT karena dengan sebab Karunia serta InayahNYA sajalah tulisan ( religius ) ini dapat berada dihadapan sidang pembaca.
   Shalawat serta salam semoga tetap tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabat nya.
Saudaraku , sujud syukur artinya sujud  yang dilakukan sebagai ungkapan rasa terima kasih kepada Allah SWT karena mendapat nikmat ( keuntungan ) atau terhindar dari bahaya besar.Syujud syukur kepada Allah SWT hukumnya sunat dan hanya boleh dilakukan diluar shalat.
Syarat dan rukun sujud syukur sama dengan syarat dan rukun sujud Tilawah.( Untuk Sujud Tilawah akan diterangkan dalam tulisan tersendiri pada kesempatan lain ).
  Mengenai sujud syukur dijelaskan dalam kitab sucj Al-Qur'an sebagai berikut :
(Artinya) : " Mengapa Allah akan menyiksamu , jika kamu bersyukur dan beriman ? Dan Allah adalah Maha Mensyukuri lagi Maha mengetahui." ( QS : An-Nisa : 147 ).
Dalam Hadist Rasulullah SAW juga dijelaskan seperti berikut ini:
(Artinya) : " Dari Abu Bakrah , bahwa Rasulullah SAW , apabila datang kepada beliau ada sesuatu yang menggembirakan atau khabar suka , beliau terus sujud berterima kasih kepada Allah ." ( HR : Abu Daud dan Turmidzi ) .
Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Allah telah menjanjikan kepada manusia supaya banyak bersyukur kepada-NYA .Hal ini tercantum dalam Al Qur'an sebagai berikut :
(Artinya) : " Jika kamu bersyukur pasti Kami akan menambah (nikmat) , jika kamu mengingkari ( nikmatku )  sesungguhnya azab-KU sangat pedih." ( QS : Ibrahim : 7 ).
Bwcaan sujud syukur ialah :
" Allahumma a'inni ala zikrika wasyukrika wahusni 'ibaadatika. "
(Artinya) : " Ya Allah , tolonglah kami untuk dapat mengingat-MU , bersyukur kepada-MU dan beribadah dengan baik kepada-MU."
    Akhir dari tulisan ( religius ) ini saya rangkumkan bahwa sujud menurut syariat ialah menghambakan diri kepada pencipta alam semesta dengan meletakkan tujuh anggota badan
Sujud syukur artinya sujud terima kasih karena mendapat nikmat ( keuntungan ) atau terhindar dari bahaya besar .Sujud syukur hukumnya hanya disunatkan diluar shalat. Sampai disini saya sudahi tulisan ini , terima kasih atas segala perhatian .Mohon maaf apabila terdapat kesalahan ,jumpa lagi kita insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain.
Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
                    *****
* Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku :Pendidikan Agama Islam .Oleh : Drs H. Ahmad Syafi'i Mufid , MA. dkk .*
                     ******
*  Artikel religius ini dapat anda temukan pada website : Www//hsunaryo.blogspot.com .*
                        ****

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA