PENYAKIT HATI ( Bagian Ketiga )

Assalamualaikum wr  wb
Bismillahirrahmanirrahim
Allahumma shalli wassalim
sayyidina Muhammad. Saudaraku , selamat berjumpa kembali dalam tulisan ( religius) berjudul sesuai tersebut diatas .

     Sidang pembaca , pada bagian Ketiga ini kita akan membicarakan setentang sifat suka memfitnah.
Pada bagian Kedua yang lalu kita tahu kalau sifat dengki itu adalah sebuah tindak lanjut dalam kegiatan sifat hasud. Sementara hasud itu dalam bahasa Arab artinya dengki.Yang sekali lagi , dalam kegiatannya hasud itu adalah tindak lanjut dari sifat dengki.
* Perhatikan Hadist Nabi SAW :
( Artinya ) : " Jauhilah dirimu dari sifat dengki , karena sesungguhnya dengki itu memakan kebaikan , seperti api memakan kayu bakar. ( HR : Abu Daud )
Sekarang , saya akan menyampaikan sifat lain yang dimurkai oleh Allah SWT , yaitu sifat suka memfitnah .Memfitnah adalah sifat tercela yaitu haram hukumnya.Fitnah artinya menyiarkan rahasia ( aib ) seseorang kepada orang lain padahal orang itu tidak pernah melakukannya.Fitnah ini adalah ( lagi-lagi )merupakan tindak lanjut dari sifat dengki.
* Firman Allah SWT :
( Artinya ) : " Dan perangilah mereka itu , sehingga tidak ada fitnah lagi dan ( sehingga ) agama itu hanya untuk Allah belaka.Jika mereka berhenti ( dari memusuhi kamu ) , maka tidak ada  permusuhan (lagi) , kecuali terhadap orang-orang yang dzalim. " ( QS : Al Baqarah : 193 ).
Dari ayat diatas dapat diambil pembelajaran ( pemahaman ) bahwa fitnah itu adalah sangat keji, sehingga pada ayat lain dikatakan bahwa fitnah itu lebih kejam dari pembunuhan.
*  Didalam sebuah Hadist Rasulullah SAW  pernah bersabda :
( Artinya ) : " Tidak akan masuk syurga orang yang suka menyebarkan fitnah . " ( HR : Bukhari ) .
Dari Ayat dan Hadist tersebut diatas memberi pelajaran ( ilmu ) kepada kita bahwa memfitnah dan mengungkapkan aib orang lain adalah tercela dalam ajaran Islam.
    Sampai disini saya sudahi dulu , tulisan ini bagian Ketiga . Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kedalahan .Jumpa lagi kita , insya Allah pada bagian Keempat mendatang. Waafwa minkum wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
                        *****
* Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikufip dari buku : " Pendidikan Agama Islam . Oleh : Dra H. Andi Rasdiyanah . Dkk *
                         *****
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada website : Www//hsunaryo.blogspot.com.  *
                         *****

   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA