PENYAKIT HATI ( Bagian Kelima )

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahim
Segala puja dan puji bagi Allah , Rabb Tuhan Seru Sekalian Alam.
Shalawat serta salam semoga tetap tercurah kepada sang Junjungan Rasulullah SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
Saudaraku ,sidang pembaca yang terhormat.Kali ini kita sampai pada Bagian Kelima , bagian terakhir dari tulisan berjudul  seperti tersebut diatas. Pada bagian ini kita membicarakan setentang  Khianat.
   Sifat khianat adalah salah satu sifat tercela dalam ajaran Islam , sifat ini sangat dibenci dan bahkan diharamkan. Khianat artinya menyia-nyiakan kepercayaan orang.Contohnya antara lain orang yang menyerahkan sesuatu yang perlu dijaga.
Didalam kitab suci Al Qur'an Allah SWT berfirman : ( Artinya ) : " Hai orang-orang yang beriman , janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul ( Muhammad ) dan ( juga ) janganlah kamu mengkhianati amanat-amanat yang dipercayakan kepadamu sedang kamu mengetahui .Dan ketahuilah bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan dan sesungguhnya disisi Allah lah pahala yang besar." (QS : Al-Anfal : 27-28 ).
Ayat tersebut memberi pelajaran bahwa Allah menyeru kaum muslimin agar tidak mengkhianati Allah dan Rasul-NYA dengan cara mengabaikan kewajiban dan melakukan larangan-NYA.
Didalam Al 'Qur'an dan Al Hadist secara garis besar telah ada aturan yang harus ditaati oleh masyarakat.
Dalam lingkungan dikantor-kantor atau disekolah-sekolah dikampus-kampus ada aturan yang mengatur kepentingan lingkungan.Dan masing-masing kita tidak boleh mengkhianati .Apabila dikhianati maka akan hilanglah kepercayaan dan pastinya akan merajalela kejahatan.Khianat adalah sifat orang yang munafik.
Seyogyanya kita menjauhi sejauh-jauhnya sifat khianat agar tidak terjangkit penyakit nifaq yang akan mengikis habis iman.
* Perhatikan Hadist Nabi SAW :
( Artinya ) : " Tunaikanlah amanah kepada oramg yang mempertaruhkannya kepada engkau dan janganlah engkau mengkhianati orang yang mengkhianati." ( HR : Ashabus Sunan ).
   Dari Hadist diatas memberi gambaran kepada kita betapa pentingnya menunaikan amanah.Baik amanah dari Allah dan Rasul-NYA maupun amanah diantara sesama. Seperti dikatakan diatas , sifat khianat adalah penyakit hati . Oleh sebab itu , adalah sangat manis setiap kita menghindar ( membuang jauh-jauh ) dari yang namanya sifat khianat itu sehingga ketentraman lingkungan disekitar kita terjaga dan terlaksana dengan baik.
    Sampai disini selesai sudah tulisan ( religius ) Bagian Kelima yaitu bagian terakhir dari judul tersebut diatas.Semoga tulisan ini bermanfaat dan terima kasih atas segala perhatian.Mohon maaf apabila terdapat kesalahan .Waafwa minkum wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
                      ****
* Bahan-bahan (materi ) diambil dan dikutip dari buku : Pendidikan Agama Islam. Team Penyusun : Dra H. Andi Rasdiyanah. Dkk )
                      *****
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada website : Www//hsunaryo.blogspot.com. *
                       *****

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA