PENYAKIT HATI ( Bagian Keempat )

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahim
Allahumma shalli wassalim wabarik sayyidina Muhammah.
Puja dan puji hanya untuk Allah SWT , shalawat serta salam semoga tetap tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
    Kali ini kita membicarakan sesuai judul tulisan tersebut diatas .Yaitu bagian Keempat setentang Buruk Sangka. Kita mulai , agama Islam adalah agama yang mensucikan manusia dari penyakit lahir dan bathin.Sedangkan buruk sangka adalah salah satu penyakit bathin ( hati ) hukumnya adalah haram dan dapat merusak pergaulan dalam bermasyarakat. Didalam Al Qur'an surat Al Hujurat ayat 12 Allah SWT berfirman yang artinya ialah :
" Hai orang-orang yang beriman , jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebahagian prasangka itu adalah dosa dan janganlah kamu mencari -cari kesalahan orang lain dan janganlah sebagian kamu menggunjing sebahagian yang lain. Sukakah salah seorang diantara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati?Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya.Dan bertaqwalah kepada Allah , sesungguhnya Allah Maha Penerima Tobat lagi Maha Penyayang." (QS : Al-Hujurat: 12 ).
   Ayat diatas memberi pelajaran kepada kita bahwa Allah melarang orang-orang yang beriman agar menjaukan diri dari prasangka buruk terhadap orang mukmin , apabila mendengar pembicaraan seorang mukmin harus ditanggapi dengan baik dan jangan salah paham , apalagi menyelewengkannya sehingga menimbulkan prasangka buruk.
Didalam salah satu Hadist Rasulullah SAW bersabda : ( Artinya ) : " Hati-hatilah kamu tethadap prasangka , karena sesungguhnya prasangka itu paling dustanya perkataan." ( HR : Muslim ).
Dati Hadist ini memberi pembelajaran (pemahaman) kepada kita semua bahwa banyak terjadi persengketaan dalam bermasyarakat karena sikap buruk sangka kadang-kadang masalah kecil bisa menjadi besar , sehingga timbul rasa dengki dan dendam yang berkepanjangan , oleh sebab itu setiap orang yang ingin mendapat ridho Allah SWT hendaklah selalu berprasangka baik.
   Sampai disini saya.sudahi dulu , tulusan ( religius ) ini bagian Keempat.Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan .Jumpa lagi kita , insya Allah dengan tulisan bagian Kelima mendatang. ( Insya Allah pada bagian Kelima tulisan berjudul : " Penyakit Hati " ini secara keseluruhan selesai. ).
Waafwa minkum wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
                          *****
* Bahan-bahan ( materi) diambil dan dikutip dari buku : Pendidikan Agama Islam .Oleh : Drs H.Andi Rasdiyanah dkk. *
                          *****
* Artikel religius ini dapat ditemukan pada website: Www//hsunaryo.blogspot.com *
                          *****

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA