Pengertian Sujud Dan Sujud Tilawah.

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahim
Allahumma shali wasalim sayyidina Muhammad.
Puja dan puji syukur hanya untuk Allah .Shalawat serta salam semoga tetap tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Apa  pengertian Sujud itu? Sujud secara global berarti meletakkan tujuh angota badan ditanah ( hamparan ) , yaitu dahi , dua telapak tangan , dua lutut , dan dua ujung telapak kaki.Menurut istilah , sujud berarti menghormat atau memuliakan sesuatu yang dipandang mempunyai nilai lebih.Sujud dalam arti penghormatan iru seperti apa yang dilakukan oleh para Makaikat kepada Nabi Adam As sebagaimana Firman Allah SWT berikut :
(Artinya)  : " Dan ( ingatlah ) ketika Kami berfirman kepada para Malaikat : " Sujudlah kamu kepada Adam ." maka sujudlah mereka ." ( QS : Al-Baqarah :  34 ).
Sehubungan dengan masalah sujud.
Rasulullah SAW bersabda seperti berikut : ( Artinya ) : " Dari Abu Hurairah , telah bersabda Rasulullah SAW : " Paling dekatnya salah seorang diantara kamu kepada Tuhannya ialah waktu sujud.Hendaklah kamu memperbanyak doa didalamnya." ( HR: Muslim ) .
Hakikat sujud adalah menyadarkan manusia bahwa makhluk yang lemah, berasal dari tanah dan kembali ketanah  Pengertian sujud biasanya dibagi menjadi dua , yaitu sujud Tilawah dan sujud Syukur.
Sujud Tilawah secara bahasa berarti sujud bacaan. Menurut istilah , sujud Tilawah adalah sujud yang sunat dikerjakan oleh orang yang membaca atau mendengat ayat -ayat sajadah .Apabila orang yang membaca ayat sajadah melakukan sujud , mereka yang mendengar harus sujud pula.Akan tetapi , apabila yang membaca tidak sujud , yang mendengarpun tidak disunatlkan sujud.Sujud Tilawah dapat dilakukan ketika shalat araupun diluar shalat.Pelaksanaannya diawali dengan takbir kemudian sujud , lalu berdiri lagi untuk melanjutkan shalat.Orang boleh shalat dengan sengaja membaca ayat sajadah untuk sujud Tilawah dalam shalat.Jika mengerjakan sujud Tilawah diluar shalat ada beberaoa syarat dan rukunnya. Syarat-syarat sujud Tilawah ada empat , yaitu Islam, Suci dari Hadast dan Najis , menghadap kiblat dan menutup aurat.Adapun rukun sujud Tilawah ada empat .Yaitu: Niat , Takbiratul Ihram , sujud dan memberi salam sesudah duduk.Apabila kita sedang membaca Al Qur'an dan menemukan ayat-ayat yang berhubungan dengan masalah sujud ( sajadah ) maka kita disunahkan untuk segera bersujud. Hal ini sesuai dengan Hadist Rasulullah SAW berikut :
( Artinya ) : " Dari Ibmu Umar : Bahwa sesungguhnya Nabi SAW pernah membaca Al Quran didepan kami , ketika beliau melalui ( membaca ) ayat sajadah beliau takbir , lalu sujud. Kamipun sujud pula bersama- sama beliau.. " ( HR : Turmidzi ) .
Ayat-ayat sajadah diantaranya adalah seperti :  Walahu yasjuduuna ( Surat Al A'raf ayat 206 ) , Wayafaluuna maa yu'maruuna ( Surat An-Nahl ayat 50 , Wayadziiduhum khusyuu'an  ( surat Al - Israk ayat 109 . Sebenarnya masih banyak lagi ayat-ayat sajadah lainnya. Sengaja saya sampaikan tiga ayat saja sebagai contoh buat antum sidang pembaca. Untuk diketahui bahwa , potongan ayat-ayat yang sebelumnya terdapat titik-titik diatas termasuk kedalam ayat-ayat sajadah karena lafal sebelumnya terdapat kata yang berakar dari kata 'sajada' ( berarti sujud ) .Apabila antum mendengar atau membaca salah satu dari sekian banyak ayat
sajadah , antum disunatkan melakukan sujud Tilawah.Adapun bacaan Sujud Tilawah sebagai berikut :  " Sajada wajhiya lilladzii kholaqohu wasyaqqo sam'ahu wabasharohu bihaulihi waquwwatihi"
(Artinya ) : " Aku sujud kepada Tuhan yang menjadikan diriku , Tuhan yang membukakan pendengaran dan penglihatan dengan keadaan dan kekuasaan NYA." ( HR : Turmidzi ).
   Sampai disini saya sudahi dulu tulisan ( religius ) ini . semoga bermanfaat.Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan.Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wassalamuakaikum warahmatullahi wabarakatuh.
                         ****
* Bahan- bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku: Pendidikan Agama Islam 1 Untuk Kelas 1 SMU.
( Sesuai Kurikulum 1994 Yang Disempurnakan ). Oleh : Drs . H. Ahmad Stafi'i Mufid , M.A. dkk .*
                      ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada website :Www/hsunaryo.blogspot.com . *
                       ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA