ISRA' MIKRAJ .

Assalamualaikum wr wb
Bismillahiramanirrahim
Allahumma shalli wassalim sayyidina Muhammad.
Alhamdulillah ! Puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT .Dengan sebab Karunia , Inayah serta Kasih Sayang-NYA sajalah saya dapat menyusun artikel ( religius ) ini dan tentunya saat ini sudah berada dihadapan antum sidang pembaca.
Shalawat serta salam kita mohonkan semoga tetap tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
     Sepuluh tahun setelah Nabi Muhammad SAW melaksanakan perintah Allah yaitu berdakwah , ternyata hasilnya pun belum memuaskan .Yang mengikuti ajaran beliau baru beberapa orang.Sementara itu para pemimpin Quraisy semakin membenci dan memusuhi Nabi. Pada saat-saat yang gawat itu , para pembela Nabi meninggal dunia , yakni istri beliau Khadijah dan paman beliau Abu Thalib.
Kemangkatan kedua orang yang paling berjasa kepada Nabi Muhammad menyebabkan beliau sangat sedih .Kesedihan itu berlangsung sepanjang tahun ( dua sampai setahun sebelum hijrah ) . Tahun kesedihan itu dikenal dalam sejarah Islam sebagai tahun duka cita ( ammul huzni ). Pada tahun duka cita itulah Nabi diberi mukjizat oleh Allah SWT , yaitu berupa Isra dan Mikraj .
Isra artinya berjalan pada waktu malam , yaitu dari Masjidil Haram sampai ke Masjidil Aqsa di Palestina.Perjalanan ini sangat luar biasa cepatnya karena Nabi menggunakan kendaraan yang bernama Buraq  ( barbun = halilintar atau kilat ).Buraq ini kecepatannya melebihi kecepatan cahaya. Peristiwa tentang perjalanan Nabi ini dijelaskan dalam Al Qur'an :
" Subhaanal laziianaa asraa bi'abdihii lailan minal  Masjidil Haraam ilal Masjidil Aqsa ."
( Artinya ) : " Mahasuci Allah yang telah menjalankan hamba-NYA pada malam hari dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa. " ( QS : Al-Isra' : 1 ).
    Dalam perjalanan malam hari itu Nabi diperlihatkan berbagai macam pengetahuan gaib.Bagaimana akibat umat yang mendustakan agama dimasa-masa lalu dan yang akan datang semuanya diperlihatkan kepada Nabi Muhammad SAW .Begitu pula pahala dan kesenangan yang diberikan kepada umat yang taat kepada Nabi serta Rasulnya pun diperlihatkan. Akhir perjalanan Isra' dan Mikraj adalah perjumpaan Nabi Muhammad dengan Allah ( artinya Nabi menerima perintah Allah secara langsung ) di Sidratul Muntaha . Dalam perjumpaan tersebut Nabi menerima wahyu shalat lima waktu.
Setahun setelah peristiwa Isra' dan Mikraj Nabi Muhammad hijrah ke Yasrib ( Madinah ) .Pindahnya Nabi ke Madinah ini atas permintaan kaun muslimin dari Madinah ketika sedang melakukan hijrah ke Mekkah. Setelah Nabi pindah ke Madinah , agama Islam semakin pesat perkembangannya sehingga dalam waktu sepuluh tahun seluruh jazirah Arab telah memeluk Islam.
     Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Sampai disini saya sudahi dulu tulisan religius ini , semoga bermanfaat. Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan.Jumpa lagi kita ; insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain.
Waafwa minkum wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
                        ****
* Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : Pendidikan Agama Islam . Oleh : Drs Asdiah Suparya dkk. * ( Sesuai dengan kurikulum 1975 Yang disempurnakan 1984  ( Orientasi CBSA ).  *
                        ****
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada website : Www//hsunaryo.blogspot.com . *
                         ****

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA