AL QUR'AN

Assalamualaikum wr wb
Bismilahirrahmanirrahim
Allahumma shalli wasalim sayyidina Muhammad.
Puja dan puji hanya milik Allah , shalawat serta salam semoga tetap tercurah kepada Nabi Nuhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat. Al Qur'an menurut bahasa ialah bacaan atau yang dibaca . Al Qur'an merupakan bentuk masdar yang diartikan dengan isim maf'ul , yaitu makru'un atau yang dibaca.Al Qur'an menurut istilah adalah firman Allah yang merupakan mukjizat yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW dengan perantaraan Malaikat Jibril , ditulis dalam mushaf ( lembaran ) yang disampaikan kepada kita secara mutawatir ( oleh orang banyak ) serta membacanya merupakan ibadah.
Al Qur'an merupakan sumber ajaran Islam yang utama dan menjadi rahmat , hidayah , serta sifat bagi seluruh manusia.Oleh sebab itu , Al-Qur'an menegaskan bahwa ajarannya selalu sesuai dengan kepentingan dan kebutuhan manusia dalam kehidupan serta cocok dengan fitrah manusia .Selain prinsif tauhid ( keesaan Allah ) , prinsif ajaran Al Qur'an ialah amar ma'ruf nahi munkar , yaitu perintah menegaskan kebaikan dan keadilan serta menghasilkan segala sesuatu yang baik dan mengharamkan segala yang berhahaya , keji , dan mungkar.
* Firman Allah SWT :
( Artinya ) : " Sesungguhnya Kami telah menurunkan kitab kepadamu dengan membawa kebenaran supaya kamu mengadili antara manusia dengan apa yang telah Allah wahyukan kepadamu. " ( QS : An-Nisa : 105 ).
Al-Qur'an merupakan sumber hukum Islam yang dapat memberikan petunjuk kejalan yang benar dan memberi khabar gembira serta membimbing manusia kejalan yang lurus untuk tetap menjalankan amal shaleh.
* Perhatikan Firman Allah SWT :
( Artinya ) : " Sesungguhnya Al-Qur'an ini memberikan petunjuk kepada ( jalan ) yang lebih lurus dan memberu khabar gembira kepada orang-orang mukmin yang mengerjakan amal shaleh. Sesungguhya bagi mereka ada pahala yang besar ." ( QS : Al-Isra':9).
   Maju atau mundurnya umat Islam tergantung pada sikap manusia terhadap Al-Qur'an .Al Qur'an tidak hanya berfungsi untuk dibaca dengan lagu-lagu merdu , bukan pula hanya berfungsi untuk Musabaqah Tilawatil Qur'an ( MTQ ), melainkan harus dijadikan pedoman dalam kehidupan masyarakat.Al -Qur'an merupakan roh yang memberi kehidupan hakiki bagi meteka yang berpedoman kepadanya.Ia merupakan syifa' , yaitu obat segala macam penyakit rohani yang diderita oleh manusia , dan Nur yaitu yang menberi cahaya petunjuk bagi mereka yang berkelana dan meraba-raba dalam kegelapan.Al Qur'an merupakan huda , yaitu petunjuk kejalan yang lurus bagi mereka yang sedang menempuh jalan menuju Ilahi.Selain itu ia merupakan Rahmat , yaitu nikmat bagi mereka yang sedang berjuang mencari kebahagiaan.
Semua peran tersebut tercantum dalam Al-Qur'an .Oleh sebab itu , umat Islam wajib mengenalnya agar menjadi sumber kekuatan hidupnya serta menjadi pedoman dalam falsafah kita.
    Sampai dusini saya akhiri dulu tulisan religius ini.Semoga bermanfaat dan terima kasih atas segala perhatian .Dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan , jumpa lagi kita insya Allah dukesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain.Waafwa minkum wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
                      ****
* Bahan- bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : Pendidikan Agama Islam .Oleh : Drs H. Ahmad  Syafi'i Mufid , M.A. dkk. *
                       ****
* Artikel ( religius ) ini dapat anda temukan pada website : Www//hsunaryo.blogspot.com . *
                         ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA