TASAMUH

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahim
Allahumma shalli wasalim sayyidina Muhammad.
Alhamdulillah ! Dengan sebab kasih sayang NYA , Rahmat serta Inayah Allah , kita dapat berjumpa kembali ( lewat tulisan ) saudaraku. Alhamdulillah ! Shalawat serta salam kita mohonkan semoga tetap tercurah kepada junjungan kita, Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
   Tasamuh atau toleransi secara bahasa artinya tenggang rasa dan menghargai orang lain dalam berbagai hal.Bersikap Tasamuh bukan berarti kita toleran terhadap sesuatu secara membabi buta tanpa memiliki pendirian , tetapi harus disertai dengan suatu prinsip yang ada dan membela kebenaran .
Kita harus tegas dan adil jika dihadapkan pada suatu masalah baik menyangkut diri sendiri , keluarga maupun orang lain. Walaupun keputusan tersebut akan berakibat pahit pada diri sendiri.
* Firman Allah SWT :
( Artinya ) : " Hai orang-orang yang beriman ! Hendaklah kamu menjadi orang yang benar-benar berdiri menegakkan ( kebenaran ) karena Allah SWT , menjadi saksi untuk adil. Dan janganlah kamu didorong oleh permusuhan terhadap suatu kaum , sampai kamu tidak berlaku adil. Berbuat adillah , karena keadilan itu lebih dekat kepada taqwa.Dan bertaqwalah kepada Allah SWT , sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan." ( QS : Al-Maidah : 8 ).
  Dalam ajaran Islam keadilan harus ditegakkan tanpa pandang bulu baik rakyat jelata ataupun raja harus tunduk kepada hukum dan ajaran Allah SWT .Jika melanggar ia harus menerima segala konsekuensinya .
   * Hadist Nabi SAW :
( Artinya ) : " Sesungguhnya islam itu menghimpun diantara kamu satu sama lain dan memandang sama antara raja dan rakyat dari segi hukum ( sama-sama mempunyai hak dan kewajiban yang akan dipertanggung jawabkan dihadapan Allah SWT ) ". ( Umar bin Khattab ).
Sikap toleransi atau Tasamuh terhadap sesama terutama terhadap seorang muslim pada akhirnya akan membias kembali kepada kita , yaitu banyak memperoleh kemudahan dan peluang hidup karena adanya relasi atau hubungan , disamping itu Allah SWT akan membalas semua kebaikan kita diakhirat kelak.
   * Dan Hadist Nabi SAW :
(Artinya) : " Siapa yang membantu menghilangkan kesulitan orang mukmin satu kesulitan didunia , niscaya Allah SWT akan menghilangkan kesulitan dia dari kesulitan pada Hari Kiamat .Dan barang siapa yang memberikan kemudahan kepada orang yang menghadapi kesulitan ,Allah SWT akan memberikan kemudahan kepadanya didunia dan diakhirat. " ( HR : Muslim ).
Adapun toleransi terhadap non muslim mempunyai balasan- balasan tertentu selama mereka mau menghargai kita , tidak menyerang dan tidak mengusir kita dari kampung halaman .Mereka pun harus kita hargai , karena pada dasarnya mereka adalah sama-sama makhluk Allah SWT .Begitu indahnya ajaran Islam sehingga digambarkan dalam sebuah Hadist :
  * (Artinya) : "Jadilah kamu hamba Allah yang bersaudara." ( HR : Muslim ).
   Tasamuh atau toleransi merupakan salah satu tiang penyangga kokohnya umat.Sesuai dengan misi Islam yang datang kebumi untuk mendatangkan rahmat atau kedamaian.Rahmat Lilalamin bagi agama Islam sudah terbukti sejak kedatangannya.Dahulu bangsa Arab ini bangsa yang senang bertikai baik antarsuku , antar kelompok maupun antar kabilah.Namun sejak kedatangan Islam sedikit demi sedikit mereka bisa berdamai Toleransi dimulai dari antar pribadi manusia itu sendiri tanpa harus membedakan suku , agama , ras dan golongan .Jika antar individu sudah tercipta toleransi dengan sendirinya akan terbentuk toleransi yang lebih luas.
   * Perhatikan Firman Allah SWT :
(Artinya) : " Hai manusia , sesungguhnya Aku menciptakan kamu sekalian dari seorang laki-laki dan seorang perempuan , dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal.Sesungguhnya orang yang lebih dicintai oleh Allah SWT adalah yang lebih bertaqwa diantara kamu.Sesungguhnya Allah SWT Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal." ( QS : Al Hujarat : 13 ).
   * Dan Rasulullah SAW bersabda :
(Artinya) : " Tidak sempurna iman seseorang diantara kamu , sehingga mencintai saudaranya sebagaimana mencintai dirinya sendiri." ( HR : Bukhari dan Muslim ).
  Saudaraku , sesama muslim dan muslimah . Sampai disini saya sudahi dulu tulisan ( religius ) ini , semoga bermanfaat dan terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan.Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain.Waafwa minkum wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.    
                          ***
* Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : " Pendidikan Agama Islam " ( Sesuai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ) .Oleh : Tim Penulis : Agus Purwanto , S.Pd  dkk .*
                          ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada website : Www//hsunaryo.bligspot.com. *
                           ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA