QANAAH

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahim
Allahumma shalli wasalim Sayyidina Muhammad.
Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas rahmat dan inayah-NYA kembali kita berjumpa ( lewat tulisan ) .Kali ini tulisan saya membicarakan setentang qanaah.
Shalawat serta salam kita mohonkan semoga tetap tercurah kepada junjungan kita , junjungan umat.Nabi termulia , Rasul paling agung , yaitu Baginda Nabi besar Sayyidina Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
     Akhlakul karimah (akhlak mulia) yang diajarkan oleh Islam diantaranya adalah Qanaah .Sifat qanaah disamping akan membawa manfaat pada diri sendiri , juga akan berpengaruh terhadap terciptanya kondisi sosial yang aman, tentram dan damai terhadap orang lain. Agar sifat mulia ini bisa menjadi ciri atau karakter pada diri kita, maka langkah awal yang harus kita miliki adalah bersyukur atas nikmat Allah SWT maka kita akan mendapat balasan kelak diakhirat.Pada akhirnya sifat-sifat mulia ini akan menjadi identitas pada diri seorang muslim sejati.
   Qanaah menurut bahasa adalah merasa cukup , menerima dengan rela .Sedangkan menurut istilah adalah menerima dan merasa cukup dengan apa yang dimiliki serta menjauhkan diri dari sifat tidak puas dan merasa kurang dari apa yang telah diberikan Allah SWT kepadanya.Qanaah bukan berarti kita hidup bermalas-malasan , tidak mau berusaha dengan segala sesuatu yang diserahkan Allah , namun qanaah adalah merasa cukup atas apa yang dimilikinya.Qanaah merupakan tirai kehidupan.Apabila kita mendapatkan rezeki yang banyak tidak takabur tetapi justru ingat orang miskin sehingga suka sodaqoh.Sifat qanaah yang dimiliki oleh seorang muslim akan menimbulkan rasa tenang dan tentram dalam hatinya.Sebab apapun yang dimiliki orang lain walaupun berlebih tidak akan berpengaruh pada kehidupannya.Dia tidak akan iri dan dengki terhadap hal tersebut.Karena dia sangat yakin bahwa rezeki seseorang yang menentukan adalah Allah SWT.Bukankah kemuliaan seseorang itu tidak diukur dari harta yang dimiliki? Akan tetapi dari ketaqwaannya kepada Allah SWT.Apalagi jika seseorang itu selalu bersyukur maka  Allah akan menambah rezekinya.
* Perhatikan Firman Allah SWT :
(Artinya) : " Dan tidak ada suatu binatang melata pun dibumi melainkan Allah lah yang memberi rezekinya." ( QS : Hud : 6 ).
  * Sabda Nabi SAW dalam Hadist nya : (Artinya) : " Sungguh beruntung orang yang masuk Islam dan rezekinya cukup dan merasa cukup dengan apa yang telah diberikan Allah kepadanya." ( HR : Muslim ) .
  Qanaah tidak langsung ada pada diri seseorang. Sifat ini bisa dibangun melalui latihan dan membiasakan diri untuk selalu qanaah pada apa yang didapatnya dan meyakini bahwa sikap tersebut benar adanya dalam kehidupan seseorang sehingga dapat menimbulkan rasa tenang dan tentram.Dalam menyikapi hidup pun tidak mudah terpengaruh oleh orang lain.Sebab apa yang dimiliki didunia ini tidak akan dibawa keakhirat kelak. Untuk mengetahui cara berqanaah yang benar adalah dengan memaksimalkan kemampuan diri sendiri disertai usaha yang keras .Apapun hasilnya sesuai dengan harapan atau tidak , harus kita terima sebagai hal yang terbaik menurut Allah SWT pada diri kita .Sebab kita sering tidak mengetahui apa dibalik suatu peristiwa.Jika gagal kita harus sabar dan jika berhasil kita wajib bersyukur.
  * Firman Allah SWT :
( Artinya ) : " Apabila kamu bersyukur kepada Ku akan Aku tambah nikmat Ku kepadamu  "
Dengan demikian dapat kita simpulkan bahwa sifat qanaah dapat menimbulkan pola hidup yang sederhana , serta menumbuhkan rasa bersaing yang sehat .Terutama dalam hal mengejar harta dunia yang tanpa batas , tanpa ukuran yang pasti.
   Sampai disini saya sudahi dulu tulisan ( religius ) ini , semoga bermanfaat .Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan.Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain.
Waafwa minkum wasalalaikum warahmatullahi wabarakatuh.
                         ***
* Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : Quantum Pendidikan Agama Islam ( Sesuai kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. ) Tim penulis : Agus Purwanto , S.Pd. dkk .*
                         ***
* Artikel relegius ini dapat anda temukan pada website : Www//hsunaryo.blogspot.com . *
                        ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA