KITAB SUCI AL QUR 'AN .

Al Qur'an diwahyukan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril .Al Qur'an merupakan kitab suci penyempurnaan dan penutup dari semua kitab yang pernah diturunkan kepada para Nabi dan Rasul sebelumnya.Oleh sebab itu , Al Qur'an merupakan pedoman hidup atau sumber pelajaran dan peraturan bagi kehidupan seluruh umat manusia didunia.
Al Qur'an itu menurut arti bahasa ialah bacaan atau sesuatu yang dibaca.Adapun menurut istilah , Al Qur'an adalah Kalam atau Firman Allah SWT yang merupakan mukjizat yang diturunkan kepada Nabi Nuhammad SAW untuk dijadikan petunjuk hidup bagi seluruh umat manusia dan apabila kita membaca serta memahami segala isinya merupakan suatu ibadah. Berdasarkan pengertian tersebut , Kalam Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi -nabi selain Nabi Muhammad SAW tidak dinamakan Al Qur'an .Misalnya , kitab yang diturunkan kepada Nabi Isa As disebut Injil , dan kitab yang diturunkan kepada Nabi Musa As diberi nama Taurat. Disamping firman Allah yang dimasukan kedalam mushaf Al Qur'an , ada juga Kalam atau Firman Allah yang diwahyukan kepada Rasulullah , tetapi tidak dimasukan kedalam mushaf Al Qur'an yang disebut Hadist Qudsi .
Didalam kitab suci Al Qur'an Allah SWT berfirman : ( Artinya ) : " Sesungguhnya mengumpulkan Al Qur'an ( di dalam dadamu dan menetapkan ) bacaannya ( pada lidahmu ) itu adalah tanggungan Kami .( Karena itu ) , jika Kami telah membacakannya maka hendaklah kamu ikuti bacaannya ." ( QS : Al Qiyamah : 17 - 18 ).
Kitab suci Al Qur'an mengandung ajaran akidah , ibadah , syariah , muamalah , dan sejarah pada zaman dahulu. Al Qur'an terdiri dari 30 juz , 114  surat dan 6.666 ayat.
Pertama kali Al Qur'an diturunkan pada tanggal 17 Ramadhan di Gua Hira . Selanjutnya , Al Qur'an diturunkan secara berangsur- angsur selama kurang dari 23 tahun, yaitu dalam masa 22 tahun 2 bulan dan 22 hari . Ditinjau dari segi masa turunnya ,Al Qur'an dibagi atas dua bagian sebagai berikut :
1.  Ayat-ayat atau surat yang diturunkan di Mekkah atau sebelum Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah yang dinamakan ayat-ayat Makkiyah.
2.  Ayat- ayat atau surat yang diturunkan di Madinah atau sesudah Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah yang dinamakan ayat-ayat Madaniyah.
Ayat-ayat Makkiyah terdiri atas 86 surat , sedangkan ayat-ayat Madaniyah terdiri dari 28 surat , sehingga jumlah seluruhnya ada 114 surat , terdiri dari 30 juz.
  Sampai disini , saya sudahi dulu tulisan ( religius ) ini , terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan .
Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain.
Waafwa minkum wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
                           ****
*Bahan- bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : Pendidikan Agama Islam .Oleh: Drs H. Hasan Baihaqi , Af. *
                           ****
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada website : Www//hsunaryo.blogspot.com .*
                           ****

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA