" Jangan Membuat Kerusakan Di Bumi "

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahim
Allahumma shalli wassalim Sayyidina Muhammad.
   Didalam kitab suci Al Qur'an , Allah SWT berfirman : ( Artinya ) : " Dan jangan kamu berbuat kerusakan dibumi. " ( QS : Al Qashash : 77 )
Saudaraku sidang pembaca yang terhormat.Sebuah pertanyaan : " Bolehkah orang islam mencaci ataupun menghancurkan rumah ibadah dan patung-patung yang disembah  ( dipuja ) oleh umat beragama lain? " Jawabnya adalah : Setiap orang Islam tidak boleh melanggar larangan Allah yang tersebut dibawah ini :
* Perhatikan Firman Allah SWT :
( Artinya ) : " Jangan kamu memaki , mencerca ataupun  menghancurkan rumah ibadat dan barang yang mereka sembah ( puja )  selain dari Allah.Karena nanti mereka akan memaki Allah dengan melampaui batas tanpa pengetahuannya. Sebab demikianlah Kami  ( Allah ) jadikan setiap umat menganggap baik apa yang dipujanya.Kemudian kepada Allah tempat kembali semua orang , lalu diberi tahukan kepadanya apa-apa yang telah dikerjakannya." ( QS : Al An 'Am : 108 )."
* Dan Firman NYA :
(Artinya) : " Balasan bagi orang- orang yang memeluk agama selain Islam ( dan yang melanggar larangan )ialah kutukan dari Allah , kutukan dari para Malaikat dan manusia seluruhnya " .( QS .: Al Imran : 87 ).
Nabi Muhammad SAW bersabda : " Amalan yang paling mudah untuk diingat-ingat adalah jangan menipu.Jangan jadi pembohong."
   Oleh sebab itu marilah kita ingat-ingat terus  nasihat-nasihat berikut ini : " Jika kita mengakui bahwa tidak ada Tuhan lain kecuali Allah, maka wajiblah kita pegang erat-erat i'tikad baik ini  sekuat tenaga.Jangan sampai berubah lagi dalam keadaan bagaimanapun juga.
Akan tetapi bila kita mengakui ada Dewa , Patung , atau ada yang lebih kuasa selain Allah ; maka itulah tanda iman kita palsu.Seandainya kita meminta sesuatu melalui keramat, memuja arwah , minta berkah kepada dukun , orang pintar ,
atau kepada siapapun selain Allah dan berlindung dengan azimat ( keris , batu , dan benda-benda lainnya ) berarti pengakuan kita itu dusta belaka.Maka jadilah kita seorang pembohong , pendusta.Disadari atau tidak , sebenarnya kita telah mendustakan diri sendiri.Mendustakan Allah dan Rasul bahkan mendustakan manusia seluruhnya. Jika kita mengakui Islam sebagai agama kita , maka wajiblah dipertahankan pendirian mulia itu sampai hayat dikandung badan.Akan tetapi bila yang disuruh oleh agama Islam tidak dikerjakan dan yang dilarang juga tidak segera dihentikan , berarti pengakuan kita itu bohong. Seandainya yang diperintah dan yang dilarang oleh agama itu kadang kita taati kadang tidak , itu berarti pendirian kita plin- plan.Maka jadilah kita seorang pendusta .Seyogyanya jika kita mengakui Nabi Muhammad Rasul Allah , maka wajiblah kita ikuti contoh teladan dari beliau tanpa reserve.Akan tetapi bila kita beribadat diluar ajaran Nabi , itu tandanya iman kita palsu .Seandainya kita membuat kerusakan dibumi : menghancurkan bangunan , membakar rumah , membunuh ataupun berlaku curang dan mencaci-maki orang , berarti pengakuan kita itu tipuan belaka .
Orang yang menipu , yang memalsu dan yang berdusta atau berbohong disebut Munafik .Orang munafik itu sangat dibenci oleh Allah , dilaknati oleh Malaikat dan dikutuki oleh umat manusia diseluruh dunia.
Allah SWT berfirnan : ( Artinya ) : " Nasib malang pada Hari Kiamat bagi orang- orang yang berdusta ( berbohong ). "
  * Dan Firman NYA :
( Artinya ) : " Sesungguhnya orang munafik itu ditempatkan ditingkat paling bawah dalam Neraka Jahanam.Kamu tidak dapat menolong mereka sedikitpun. " (QS : An-Nisa : 145 .)
   Sampai disini saya sudahi dulu tulisan ( religius ) ini , semoga bermanfaat . Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan.Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wasalamuakaikum warahmatullahi wabarakatuh.
                          ****
* Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : Cakap Membaca Dan Menulis Huruf.Al Qur'an ( Tauhid ) .Oleh : Saadan Rahmany .*
                          ****
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada website : Www//hsunaryo.blogspot.com .*
                          ****

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA