IMAN KEPADA MALAIKAT

Assaamualaikum wr
Bismillahirrahmanirrahim
Allahumma shalli wasalim Sayyidina Muhammad
   Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat.Iman kepada Malaikat termasuk rukun Iman yang kedua.
Iman artinya percaya ( yakin ) .
Maksudnya , kita harus mempercayai dan meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah SWT telah menciptakan makhluk yang bernama Malaikat. Malaikat adalah suatu makhluk gaib yang diciptakan oleh Allah dari Nur ( cahaya ) .Sabda Rasulullah SAW : (Artinya) : " Malaikat itu diciptakan dari cahaya." (HR : Muslim).
Karena Malaikat termasuk makhluk gaib maka Malaikat tidak dapat diraba dengan tangan, tidak dapat dilihat dengan mata, dan tidak dapat didengar dengan telinga seperti halnya manusia.Namun , kita wajib beriman kepada Malaikat.Orang yang tidak mempercayai adanya Malaikat , berarti ia telah mengingkari ayat-ayat Al Qur'an dan Al Hadist .Dengan demikian , orang tersebut tidak layak disebut seorang mukmin atau muslim.
Perhatikan Firman Allah SWT :
(Artinya) : " Dan orang-orang beriman , semuanya percaya kepada Allah dan Malaikat -malaikat NYA ..." (QS : Al Baqarah : 285).
Allah Maha Kuasa , karena Dia lah yang menciptakan makhluk yang kasar ( yang dapat dilihat dengan mata ) seperti manusia , binatang dan tumbuh-tumbuhan.Selain itu , Allah pula yang menjadikan makhluk yang tidak dapat dilihat oleh mata ( makhluk gaib ) diantaranya adalah Malaikat.Allah menjelaskan dalam Al -Qur'an bahwa Malaikat itu diciptakan oleh Allah lebih dahulu daripada manusia ( Adam As ) . Sesuai Firman NYA :
(Artinya) : "  Dan ingatlah ketika Tuhanmu berfirman  kepada Malaikat .Sesungguhnya Aku akan menjadikan seorang khalifah (manusia) di muka bumi ini." ( QS : Al Baqarah : 30 ) .
Malaikat itu jumlahnya banyak sekali .Tidak ada seorangpun manusia yang dapat mengetahui jumlah Malaikat , kecuali Allah SWT.
Firman Allah SWT :
(Artinya) : " Dan tidak ada seorangpun yang mengetahui jumlah tentara Tuhanmu (Malaikat) kecuali Dia ( Allah ) ." ( QS : Al Muddatstsir : 31 ).
Adapun Malaikat yang wajib kita ketahui dan kita imani hanya 10 Malaikat . Yaitu : Malaikat Jibril , Mikail , Israfil , Izrail , Rakib , Atid , Munkar , Nakir , Malik dan Malaikat Ridwan .
  Malaikat adalah makhluk yang selalu patuh dan setia kepada Allah .Mereka tidak pernah menentang setiap perintah Allah , kapan saja diperintah NYA.Setiap perintah Allah selalu mereka kerjakan dengan baik.Mereka tidak pernah durhaka kepada Allah .Oleh karena itu , Malaikat disebut juga makhluk suci.
Perhatikan Firman Allah SWT :
(Artinya) : " ....mereka tidak pernah durhaka terhadap apa yang diperintahkan Allah ,  serta mereka mengerjakan dengan taat segala apa yang diperintahkan kepadanya." (QS : At Tahrim: 6 ) .
   Tugas Malaikat sangat banyak , diantaranya adalah : Makaikat Jibril , bertugas menyampaikan wahyu kepada para Nabi dan Rasul Allah dan Mengantarkan Nabi Muhammad SAW ketika Isra Mi'raj. Malaikat Mikail , menyampaikan rezeki kepada setiap makhluk.Malaikat Israfil meniup sangkakala  ( terompet ) dalam tiga peristiwa , yaitu pada saat terjadi Kiamat , membangkitkan manusia dari alam kubur dan pada saat manusia dipanggil untuk diperiksa dan diadili oleh Allah SWT.Malaikat Izrail , mencabut nyawa seluruh makhluk apabila ajal makhluk tersebut telah tiba. Malaikat Munkar dan Nakir , menanyai manusia dialam kubur .Malaikat Rakib , mencatat semua perbuatan baik manusia ketika hidup didunia. Malaikat Atid , mencatat semua perbuatan buruk manusia ketika hidup didunia.Malaikat Malik , menjaga Neraka. Dan Malaikat Ridwan , bertugas menjaga dan memelihara Syurga.
   Sampai disini saya sudahi dulu tuisan ( religius ) ini , semoga bermanfaat .Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan .Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
                      ****
* Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : Pendidikan Agama Islam . Oleh : Drs H. Hasan Baihaqi , Af. *
                     *******
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada Website : Www//hsunaryo.blogspot.com . *
                        ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA