AGAMA ALLAH

Assalamu'alaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahim
Allahumma shalli wasalim sayyidina Muhammad .
Kita ucapkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT karena sebab Kasih sayang  , Karunia serta Inayah NYA sajalah tulisan ini saat ini dapat berada dihadapan sidang pembaca. Shalawat serta salam semoga tetap tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya beserta para sahabatnya.
Saudaraku , sidang pembaca yang terhormat.
Apakah Agama Allah itu?  Yaitu peraturan dan hukum yang diwahyukan Allah kepada Nabi Adam hingga Nabi Muhammad SAW tidak kacau .Cara sembahyang dan puasa menurut kemauan Allah.Tata cara pergaulan yang dikehendaki oleh Allah .Makanan yang boleh dimakan dan yang dilarang oleh Allah.Adab yang baik lagi benar menurut petunjuk Allah.Jadi Agama Allah yaitu jalan lurus ciptaan Allah.Jalan selamat yang diwahyukan Allah kepada semua Nabi .Maka ia disebut Agama Islam.Agama selamat di sisi Allah.
* Allah SWT berfirnan :
( Artinya ) : " Barangsiapa yang memeluk selain dari Agama Islam , maka tidak akan diterima apa-apa dari padanya .Dan orang itu pada hari Akhirat termasuk golongan orang-orang yang merugi." ( QS : Al Imran: 85 ).
Apakah yang dimaksud rugi itu ? Rugi karena amal baiknya tidak diberi pahala.Sedangkan amal buruk dan keingkarannya kepada petunjuk Allah itu yang akan mendapat ganjaran dalam Neraka Jahanam.
Apakah Islam itu agama orang Arab? Tidak ! Islam itu agama ciptaan Allah yang diwahyukan kepada semua Nabi .Jalan lurus di sisi Allah yang wajib ditaati .Jalan selamat yang mesti diikuti oleh seluruh manusia .Karena asal manusia dari Allah , kalau manusia mati pun kembali kepada Allah .Walaupun lidahnya mengingkari , meskipun hatinya enggan tak setuju.
   Agama Islam itu disebut juga :  Agama Samawi. Apakah agama samawi itu? Yakni peraturan dan hukum turun dari Tuhan Yang Maha Tinggi ke bumi .Iman yang diajarkan tidak pernah berubah.Dari zaman dahulu hingga sekarang berpokok pangkal dari Keesaan Tuhan Yang Maha Suci. Ia terdiri dari 6 perkara. Hukum mempercayai dan meyakininya adalah wajib.Mempercayai dan menyakini keterangan Allah dan keterangan Rasul hukumnya wajib.Islam telah menyusun Rukun Iman banyaknya 6 perkara.Beriman dalam ajaran Islam  mempunyai tanggung jawab , ada konsekwensinya .Beriman kepada Allah konsekwensinya adalah wajib menjalankan yang diperintah , menjauhkan segala larangan NYA.Kita beriman kepada malaikat .Konsekwensinya adalah wajib berbuat baik atas dasar petunjuk Allah.Agar catatan malaikat menjadi baik.Kita beriman kepada Nabi .Konsekwensinya adalah wajib berusaha mengamalkan didikannya.Kita beriman kepada kitab-kitab Allah .Konsekwensinya adalah wajib mempelajari , mengamalkan seluruh isi , tak bisa dipilih sebagian-sebagian. Kita beriman kepada Hari Kiamat .Konsekwensinya adalah wajib bertauhid , bertawakal dan mengerjakan amal shaleh , beribadat menurut petunjuk Allah.Kita beriman kepada qodho dan qadhar .Konsekwensinya adalah wajib berusaha , berikhtiar , menuntut ilmu , berkarya dan membangun.
  Didalam surat An Nisa Allah SWT berfirman : ( Artinya ) : " Barangsiapa yang mentaati didikan Rasul sungguh ia telah mentaati petunjuk dan perintah Allah.Dan barangsiapa yang berpaling dari ketaatan itu, ketahuilah bahwa Kami ( Allah )  tidak mengutus engkau ( Muhamnad ) untuk menjadi pengawas bagi orang-orang yang ingkar itu." ( QS : An Nisa : 80 ).
  * Dan Firnan NYA :
( Artinya ): " Apakah manusia hendak mencari ( memeluk )  agama selain dari agama Allah SWT ? Sedangkan apa-apa yang ada dilangit dan dibumi semuanya tunduk , patuh kepada Allah secara suka rela ataupun terpaksa ? Ingatlah , kepada Allah semua orang akan dikembalikan." ( QS : Al Imran : 83 ).
     Sampai disini saya sudahi dulu tulisan  ( religius ) ini , semoga bermanfaat.Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan.Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
                         ****
* Bahan- bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : Cakap Membaca Dan Menulis Huruf Al Qur'an .Oleh : Saadan Rahmany. *
                         *****
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada website : Www//hsunaryo.blogspot.com. *
                         ******

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA