IRI

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahim
Allahumma shalli wassalim sayyidina Muhammad.
   Islam menjelaskan bahwa tubuh kita ini ,terdiri atas dua unsur jasmani dan unsur rohani. Unsur jasmani ( jasad ) dapat terlihat dan diketahui melalui mata , sedangkan unsur rohani hanya dapat diketahui melalui perasaan.Didalam satu Hadist dikatakan bahwa didalam tubuh seseorang terdapat segumpal daging , apabila daging ini baik maka baiklah seluruh tubuh daging tersebut,yaitu hati.Dan hati ini perlu dijaga agar tetap menjadi baik, karena hati mempunyai beberapa penyakit (hati ) yang harus kita hindari.Semisal penyakit hati yang namanya Iri .
  Iri , artiya tidak senang apabila orang lain memperoleh nikmat. Biasanya sifat iri ini selalu dibarengi dengan sifat dengki , sifat iri dalam kehidupan sehari-hari ini sangat banyak sasarannya antara lain iri terhadap tetangga yang kaya , atau iri terhadap orang lain yang sucses dalam usaha dan sebagainya.
Sifat iri ini sangat dicela dalam ajaran Islam , karena sifat iri sangat mengganggu ketentraman jiwa dan bahkan dapat menimbulkan pertengkaran satu dengan yang lain.
Oleh karena banyaknya akibat tidak baik yang ditimbulkan sifat iri ini maka setiap kita ( insan beriman ) harus menghindari sifat iri , dalam kehidupan sehari- hari baik itu dilingkungan keluarga , dilingkungan tetangga , dan masyarakat.
  Sampai disini saya sudahi dulu tulisan ini , terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan.Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain.
Waafwa minkum wassalamuakaikum warahmatullahi wababarakatuh.
                       ***
* Bahan-bahan (materi) diambil dan dikutip dari buku :"  Pendidikan Agama Islam " Tim Penyusun : Dra H. Andi Rasdiyanah Dkk .*
                      ***
* Artikel religius ini dapat anda temukan pada website : Www//hsunaryo.blogspot.com *
                     ****

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA