Dalam Bahasa Arab Hasud Itu Berarti Dengki :

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahim
Allahumma shalli wasalim Sayyidina Muhammad.
Dengki adalah adalah salah satu sifat yang tidak terpuji , dan harus dihindari oleh kita ( insan beriman ) dalam kehidupan kita sehari- hari.
Arti dengki adalah berusaha menghilangkan nikmat yang telah diperoleh seseorang.
* Rasulullah SAW bersabda : (Artinya) : " Telah masuk kedalam tubuhmu penyakit-penyakit umat dahulu , (yaitu) benci dan dengki , itulah yang membinasakan agama , bukan dengki mencukur rambut." ( HR : Ahmad dan Turmidzi ) .
Dari Hadist diatas dapat diambil pemahaman bahwa hancurnya suatu agama sejak dahulu adalah disebabkan oleh timbulnya sifat benci dan dengki diantara para pemeluknya. Apabila sifat dengki berkembang disekolah , dikantor-kantor, ataupun dimasyarakat sekeliling ,  maka sudahlah akan pasti menimbulkan kekacauan, kebohongan dan fitnah .
Maka harus.dihindari sifat dengki dan sombong , baik sombong karena orang tuanya kaya, mempunyai jabatan yang tinggi dan atau karena merasa pintar sendiri.
Sementara itu , dalam bahasa Arab hasud itu berarti dengki , tetapi dalam kegiatannya hasud itu adalah tindak lanjut dari sifat dengki.
Sebagaimana diterangkan diatas bahwa dengki itu adalah berusaha menghilangkan nikmat yang diperoleh seseorang , menghilangkan nikmat tersebut bermacam- macam cara , antara lain adalah menghasud.
Didalam sebuah Hadist Rasulullah SAW bersabda : (Artinya) : " Jauhilah dirimu dari sifat dengki , karena sesungguhnya dengki itu memakan kebaikan , seperti api memakan kayu bakar. " ( HR : Abu Daud ).
Sidang pembaca , dari Hadist tersebut diatas dapat diambil suatu pelajaran , bahwa betapa kejinya sifat hasud dan dengki apabila berkembang semisal disekolah , dikantor-kantor ataupun dimayarakat sekeliling.
   Sampai disini saya sudahi dulu tulisan ( religius ) ini , terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan.Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain .
   Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
                        ***
* Bahan -bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : " Pendidikan Agama Islam " Tim Penyusun : Dra H. Andi Rasdiyanah Dkk. *
                        ***
* Artikel ( religius ) ini dapat andat temukan pada website : Www//hsunaryo.blogspot.com *
                        ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA