SYUKUR NIKMAT ( Bagian Pertama )

Asalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahim
Allahumma shalli wasalim Sayyidina Muhammad .
Kita bersyukur dberi alat indera bekerja secara normal. Kita mengucapkan : Alhamdulillah.
Selanjutnya kita mengunakan alat indera kita untuk hal-hal yang bermanfaat yang diridhoi Allah SWT dan itulah arti bersyukur.
Perhatikan Firman Allah SWT :
(Artinya) : " Dan ingatlah tatkala Tuhanmu memaklumkan sesungguhnya jika kamu bersyukur , pasti Kami akan menambah nikmat kepadamu , dan jika mengingkari nikmat-KU maka adzab-KU  sangat pedih." (  QS : Ibrahim : 7 .)
Semua pemberian Allah merupakan nikmat yang tidak ternilai. Sewajarnyalah kita mensyukuri nikmat itu .Kita perhatikan kembali nikmat yang ada pada tubuh kita .
Sawah membentang luas , padi menguning tertiup angin berliuk-liuk ,daun pepohonan bergoyang seakan menyambut kedatangan tamu , burungpun berkicau tidak hentinya.Bagaimanakah perasaan kita bila kita berada ditempat pemandangan seperti yang yang digambarkan diatas ? Tentu kita merasakan nikmat mata memandang , nikmat perasaan , nikmat merasakan hembusan angin.
Dan nikmat ...nikmat lainnya lagi.Terlalu banyak nikmat yang diberikan Allah kepada kita .Saking banyaknya ,sampai-sampai kita tidak sanggup untuk menghitungnya dan memang kita tidak akan pernah sanggup untuk menghitungnya.
Apa yang kita syukuri dengan semua nikmat ini? Tentu kita akan mengucapkan terima kasih kepada Allah Yang Maha Penyayang. Allah SWT telah memberikan alat indera dengan segala kelengkapannya .Allah memberikan kepada kita telinga untuk mendengar .Bagaimanakah jadinya kita jika kita tidak ada telinga? Kita diberi hidung untuk mencium bau.Kita diberi kulit untuk meraba , terutama suhu badan kita , kita dapat merasakan rasa manis , asin ; pahit , asam dan sebagainya. Kesemuanya itu adalah pemberian Allah.Bagaimana kalau alat indera kita tidak jalan atau mogok?Tentu dunia ini tidak ada artinya bagi kehidupan.Allah SWT Maha Penyayang kepada Makhluk-NYA. Selain itu ada pula nikmat yang Allah berikan kepada kita , yaitu rezeki. Siapakah yang memberikan tezeki kepada kita ? Sehingga dengan tezeki itu kita bisa makan , bisa membeli pakaian ; bisa membeli keperluan alat sekolah ( kuliah ) dan sebagainya.Itu semua adalah pemberian dari Allah.
Betapa nikmatnya kita makan tiga kali sehari sehingga makanan itu membuat kita bertambah gizi , membuat anak-anak menjadi sehat, menjadi berkembang yaitu bertambah tinggi dan besar. Kita diberi pakaian oleh Allah yang dapat menutupi badan .Bayangkan , jika kita tidak berpakaian ? Darimana kita dapat uang untuk keperluan
yang kita butuhkan sehari-hari? Itu pemberian dari Allah , melalui ikhtiar dan usaha. Dan banyak lagi nikmat Allah yang diberikan kepada kita.Oleh karena itu , hendaklah kita bersyukur kepada Allah .Dengan jalan melaksanakan segala perintah-perintah Allah dan menjauhi sejauh-jauhnya segala larangan-NYA. Itulah yang disebut : Taqwa ...
      Sampai disini saya sudahi tulisan religius ini.Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan.Jumpa lagi kita , insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain.Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
                        *****
* Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : " Pendidikan Agama Islam ." Oleh : Drs Asdiah Suparya Dkk. *
                       . ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA