SYUKUR NIKMAT ( Bagian Kedua )

Assalamualaikum wr wb
Bismillahirrahmanirrahim
Allahumma shalli wasalim Sayyidina Muhammad.
Allah SWT menciptakan alam beserta isinya ini seperti bumi membentang luas , langit penuh bintang.Sudahkah kita menghitungnya? Bintang-bintang yang bergemerlapan dilangit tak dapat dihitung banyaknya .Antara bintang yang satu dengan lainnya tidak saling bertabrakan dan berjatuhan .Kita kagum melihatnya.
Menurut penilitian para ahli bahwa diangkasa terdapat milyaran kumpulan bintang atau galaksi.Ada galaksi Bima Sakti , galaksi Magelhans ; galaksi Andro meda , dan galaksi lainnya .Kita perhatikan sekarang galaksi Bima Sakti.
Galaksi Bima Sakti bentuknya hampir sama dengan cakram.
  Ditengah-tengahnya terdapat lebih kurang 100 milyar bintang.Lebar dari tepi ketepi 100.000 tahun perjalanan cahaya.Kita hitung sekarang berapa kilometer lebar itu? Itu baru lebar galaksi Bima Sakti , belum galaksi-galaksi lainnya. Nah coba bayangkan betapa luasnya jagad raya ini.Galaksi-galaksi merupakan alam yang sangat luas.Bagi Allah sangat mudah menciptakan alam itu.
Makhluk yang sangat kecilpun Allah Mahan Kuasa menjadikannya.Didalam tubuh kita terdapat ribuan bakteri yang hidup.Bakteri itu ada yang bermanfaat bagi tubuh dan ada pula yang merugikan .Bakteri itu tidak dapat dilihat dengan mata telanjang , melihatnya harus menggunakan mikroskop.Diluar tubuh kita pun hidup jutaan virus , penyebar penyakit yang sangat kecil , mata kita tidak mampu melihatnya , harus menggunakan mikroskop.Betapa Agung-NYA Allah SWT dan betapa Maha Kuasa-NYA .Kita ucapkan takbir : " ALLAHU AKBAR  " ( Allah Maha Besar ) dan tasbih : " SUBHANALLAH " ( Maha Suci Allah ) .Dibumi kita ini Allah menumbuhkan berbagai macam tumbuh-tumbuhan.Ada tumbuh-tumbuhan yang dapat dimakan dan ada pula yang tidak .Disamping itu , Allah mengisi bumi kita ini berbagai macam binatang.Binatang ini semuanya ada gunanya bagi manusia .Kewajiban manusia dalam mensyukuri nikmat yang berupa lingkungan hidup tersebut adalah menjaganya agar terjadi keseimbangan alam semesta ( ekosistem).Caranya adalah jangan menembaki burung dan jangan menebangi tumbuh-tumbuhan dan lain-lain seenaknya saja.Sebab merusak lingkungan berarti merusak kehidupan manusia.Perbuatan merusak itu berarti tidak mensyukuri nikmat.
Disamping kita juga harus menjaga ketenangan lingkungan keluarga kita.Jangan mengganggu tetangga .Hormati tetangga kita , meskipun berlainan suku , bangsa dan agamanya . Nikmat Allah yang tak terhitung nilainya bagi kita adalah kita punya Allah , ibu dan saudara baik saudara kandung maupun saudara lainnya.Agar kita dapat merasakan nikmat itu coba datanglah ketempat panti asuhan anak yatim piatu.Kasihan kan mereka tidak mendapat kasih sayang dari ayah , ibu , dan saudara-saudara mereka .Karena kita punya ayah dan ibu , maka segala kebutuhan kita dicukupi .Kita dapat sekolah , kuliah , diberi pakaian , makan , dan dididik menjadj anak yang berguna dikemudian hari .Ayah dan ibu serta saudara adalah nikmat Allah yang harus kita syukuri.Cara mensyukuri nikmat ini adalah mentaati semua perintah dan nasihatnya.Kita juga harus dapat menyenangkan hati kedua orang tua kita. Kepada kakak kita harus hormat , dan kepada adik kita harus sayang dan membantunya.Anak yang dapat mensyukuri nikmat Allah itu adalah anak yang shaleh.Anak yang shaleh sangat dicintai Allah , orang tua dan siapa saja .Sebaliknya anak durhaka akan dimurkai oleh Allah dan dibenci oleh semua orang.
   Sampai disini saya akhiri tulisan berjudul :" Syukur Nikmat "  Bagian Kedua ini , terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan .Waafwa minkum wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
                        ****
* Bahan- bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : " Pendidikan Agama Islam ". Oleh : Drs Asdiah Suparya Dkk . *
                         ****

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA