IMAN KEPADA RASUL ALLAH .

Didalam kitab suci Al-Qur'an , Allah SWT mengisyaratkan bahwa banyak Nabi yang diutus kedunia ini .Namun dari sekian banyak Nabi tersebut kita diwajibkan mengimani Nabi dan Rasul sebanyak 25 orang .Arti iman kepada Nabi ialah meyakini bahwa Allah menyampaikan wahyu kepada Nabi untuk dirinya sendiri.Adapun arti iman kepada Rasul ialah meyakini bahwa Allah SWT telah memilih diantara manusia beberapa orang utusanNYA , untuk menyampaikan wahyu kepada umatnya.Jadi , jelas ada perbedaan antara Nabi dan Rasul , Nabi menerima wahyu Allah hanya untuk dirinya sendiri , sedangkan Rasul menerima wahyu Allah untuk disampaikan kepada umatnya.
Bahwa tugas Nabi dan Rasul dalam menyampaikan wahyu Allah SWT pada dasarnya memberi khabar gembira dan peringatan bagi orang yang beriman. Perhatikan FirmanNYA : ( Artinya ) : " Dan tidaklah Kami mengutus para Rasul ini melainkan untuk memberi khabar gembira dan memberi peringatan .Barangsiapa yang beriman dan mengadakan perbaikan maka tak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak ( pula ) mereka bersedih hati." ( QS: Al-An'am: 48 ). Dan dalam ayat yang lain Allah SWT berfirman : ( Artinya ): " Sesungguhnya Kami mengutus kamu dengan membawa kebenaran sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan.Dan tidak ada suatu umatpun melainkan telah ada padanya seorang pemberi peringatan." ( QS : Fathir : 24 ).
Dari ayat-ayat diatas maka tugas Nabi dan Rasul adalah :
1.  Menjelaskan tentang iman kepada Allah SWT.
2.  Memperbaiki akhlak manusia agar menjadi manusia yang beradab , faedahnya kembali kepada manusia itu sendiri .
Rasulullah SAW bersabda : ( Artinya ) :" Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang mulia." ( HR: Bukhari dan Abu Daud).
3.  Menjelaskan cara pengabdian kepada Allah SWT dan mencegah agar tidak mengerjakan pekerjaan yang keji.
4.  Menjelaskan aturan-aturan yang perlu untuk memelihara kehidupan antara sesama manusia dalam rangka menegakkan keadilan.
5.  Menjelaskan bahwa manusia itu perlu bekerja untuk kehidupan dunia dan akhirat.
6.  Menjelaskan bahwa mereka diutus untuk Rahmat sekalian alam.
     Sementara fungsi iman kepada Rasul dapat disebutkan antara lain sebagai berikut :
a.  Dengan beriman kepada Rasul kita memiliki seseorang yang hendak kita teladani. Rasul adalah suri tauladan dalam kehidupan umat manusia bagi pribadi , keluarga dan masyarakat.
b.  Pada dasarnya semua Rasul diutus Allah kepada umat manusia untuk mengajarkan tentang ke Esa an Allah SWT dan tidak untuk menyarikatkan NYA . Dengan beriman kepada Rasul kita diberi tahu cara yang benar untuk meng Esa kan Tuhan .
c.  Semua manusia memerlukan aturan bermasyarakat , keadilan dsb.Aturan bermasyarakat yang adil itu sulit menentukannya , karena satu sama lain akan berbeda pendapat dalam merumuskannya.Dengan beriman kepada Rasul kita tahu tentang aturan Tuhan mengenai bermasyarakat dan keadilan itu.
d.  Manusia cenderung mengandalkan kekuatan akal saja , sedangkan akal manusia tidak mungkin selamanya mengetahui segala macam kemashlahatan dunia , apalagi kemaslahatan akhirat .Dengan beriman kepada Rasul kita memiliki petunjuk dan tuntunan jalan yang benar untuk kebahagiaan hidup didunia dan akhirat. Bahwa Rasul diutus Allah SWT adalah untuk membimbing umat manusia kejalan yang diridhai Allah SWT. Semua Rasul diberi tugas untuk menyempurnakan akhlak yang mulia serta memberi khabar gembira dan peringatan.
   Sampai disini saya sudahi tulisan ( religius ) ini , terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan.Jumpa lagi kita insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa minkum wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh .
                          *****

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA