HARI PEMBALASAN ALLAH .

Pada mulanya dibumi ini tidak ada tumbuh-tumbuhan, hewan ataupun manusia . Lalu Allah menciptakan kehidupan dibumi dengan diturunkan hujan. Kita hidup tidak lama .Bila ajal sampai maka matilah kita .Setelah mati apa yang terjadi? Mula-mula bumi digoncangkan oleh gempa yang amat dahsyat .Lalu Malaikat Isrofil meniupkan Sangkakalanya .Maka tibalah saat yang disebut : Kiamat .
Bumi dengan seluruh isinya hancur dan musnah. Semua makhluk akan mati .Tak ada yang tinggal hidup , kecuali Allah SWT. Setelah berlalu beberapa lamanya , kemudian Makaikat Isrofil meniup Sangkakalanya untuk yang kedua kali .Semua manusia yang pernah dibumi dibangkitkan oleh Allah dari kuburnya . Bagaikan anai-anai manusia berdesak-desakan menuju satu tujuan , lalu dikumpulkan disuatu tempat bernama: Mahsyar .
Dipadang Mahsyar ini masing-masing diri manusia diperlihatkan buku catatan amalnya selama didunia . Tiap-tiap perbuatan walau sekecil apapun akan diperlihatkan oleh Allah , sesuai dengan janji NYA , yang diwahyukan kepada Nabi.
Pada hari pembalasan itu , tidak ada satupun yang bisa kita sembunyikan. Karena tangan dan kaki kita bahkan seluruh anggota badan akan menjadi saksi akan perbuatan kita itu .
Tak ada kata salah, tak ada kata dusta. Pada hari itu semua ucapan benar. Semua pengakuan benar. Misalnya kita pernah mencuri ikan atau mengambil pensil teman. Tangan dan kaki kita akan mengatakan benar. Kita tidak bisa mungkir lagi.
Setelah dihitung dan ditimbang dengan sangat teliti , lalu Allah membalas perbuatan dan keimanan kita itu dengan sangat adil .
Orang-orang Islam yang hidup dizaman Nabi Adam dan yang hidup dizaman Nabi-nabi sesudahnya hingga Nabi Muhammad SAW dibalasi dengan syurga.Mereka telah selamat kembali kekampung asalnya, karena mentaati petunjuk Allah dan mengikuti jalan Nabi-nabi.
Orang-orang beragama selain dari Islam yang hidupnya dizaman Nabi Adam hingga dizaman Nabi Muhammad SAW dibalasi dengan Neraka. Mereka tidak selamat kembali kekampung asalnya, karena mereka durhaka kepada Allah dan menempuh jalan yang sesat.
Kita beriman kepada Hari  Pembalasan Allah . Sebab itu kita perbanyak amal kebajikan dan menjauhi segala perbuatan yang buruk lagi tercela . Kenapakah kita percaya ? .Karena yang mengabarkannya adalah Al Amin : Orang jujur , dapat dipercaya , tak pernah berdusta. Tak ada satu makhluk pun yang mengetahui kapan saatnya seseorang akan mati.Namun selalu ada tanda-tandanya . Dan tidak ada seorang manusiapun yang mengetahui kapan waktunya Kiamat. Namun Tuhan memberi tahukan tanda-tanda menjelang Kiamat itu. Antara lain : Sering terjadi gempa bumi , angin badai. Banyak orang tidak menghiraukan Agama .
Sungguh hebat hari itu .Marahari sejengkal diatas kepala , tidak ada pohon , tidak ada air. Masing- masing berjalan sesuai dengan amal perbuatannya. Disana hanya ada dua tempat tinggal bagi manusia , yaitu Syurga dan Neraka.
Syurga itu ada 8(delapan) tingkat.
1.  Syurga Firdaus 2.  Syurga 'Adn  3. Syurga Khuld 4.  Syurga Na'im 5.  Syurga Ma'wa  6.  Syurga Darus Salam  7. Darul Jalal  8 .  Darul Qaraar . Masing-masing orang akan menempati Syurga sesuai dengan iman dan amal kebajikannya.
Neraka itupun ada 8 ( delapan ) tingkat.
1 .  Neraka Jahanam 2 .  Neraka Lazha  3 .  Neraka Huthamah 4 .  Neraka Sa'ir  5 .  Neraka Saqar  6 .  Neraka Jahim  7 .  Neraka Wahiyyah  8 .  Neraka  Wail .
Masing-masing orang akan memasuki Neraka sesuai dengan kedurhakaannya kepada Allah. Sedangkan Jahanam itu dikhususkan bagi orang luar Islam dan bagi yang melakukan dosa besar.
   Sampai disini saya sudahi tulisan ( religius ) ini .  Terima kasih atas segala perhatian serta mohon maaf apabila terdapat kesalahan.Jumpa kita insya Allah dikesempatan lain tentu saja dengan tulisan saya yang lain. Waafwa munkum wasakamualaikum warahmatullahibwabarakatuh.
                       ****
* Bahan-bahan ( materi ) diambil dan dikutip dari buku : Cakap Membaca Dan Menulis Huruf  Al Qur'an . ( TAUHID ) Oleh : Saadan Rahmany .
                       ****

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA