Ucapan (Kata/Kalimat) Yang Baik



Ini adalah sebagian dari ucapan-ucapan yang baik bagi kita insan yang beriman , yaitu : Ketika masuk kelas ( bagi pelajar , mahasiswa ) , ketika masuk ruangan kantor ( bagi karyawan ) . Ucapkan : "Assalaamu'alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh ".

Ketika kita hendak memulai sesuatu pekerjaan , hendaklah kita menyebut nama Allah. Karena kita beriman kepada Allah .Misalnya kita akan memulai membuka buku pelajaran , buku adminitrasi kantor , memulai membuka barang dagangan . Kita harus membaca : " Bismillahir rahmanir rahiim ". 

Dan jika selesai mengerjakan sesuatu pekerjaan , hendaklah kita berterima kasih kepada Allah.Misalnya ketika selesai makan , minum , kita harus mengucapkan : " Alhamdulillah". 

Bila kita bertemu dengan teman , tetangga , saudara , sanak famili . Kita mengucapkan salam : " Assalamu'alaikum " . Dan orang yang menerima salam itu harus pula ( wajib ) menjawabnya dengan yang lebih baik . Ucapannya : "Wa 'alaikum salam wa rahmatullaahi wa barakaatuh." 

Jikalau kita berjanji dengan seseorang , maka janji itu mesti ditepati . Misalnya teman berkata : " Nanti sore datang ya kerumahku . Maka kita menjawab : " Insyaa Allah ." Apabila kita melihat sesuatu yang sangat mengherankan atau menakjubkan , maka kita harus mengucapkan : " Masyaa Allaah " .Ketika kita mendengar khabar musibah yang menimpa seseorang , maka kita mengucapkan : " Inna lillaahi wa inna ilaihi raajiuun ." ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA