Sesungguhnya Apa Hikmah Terpenting Dari Ibadah Haji Itu ?

Islam adalah agama yang mengajarkan persamaan , persaudaraan , dan persatuan . Ciri itu akan nampak dengan jelas jika kita pelajari hikmah dari berbagai macam ibadah , terutama dalam ibadah Haji. Karena hikmah terpenting dari ibadah Haji itu ialah membina persamaan , persaudaraan dan persatuan dikalangan umat Islam diseluruh dunia.
1 . Persamaan :  Karena dalam ibadah itulah berkumpul jamaah dari seluruh penjuru dunia , dengan tujuan yang sama untuk melaksanakan ibadah Haji semata-mata karena Allah , bahkan pakaian mereka juga sama.Dan yang paling mulia dihadapan Allah diantara mereka bukanlah karena bangsa , kedudukan , harta , atau pangkat , akan tetapi semata-mata karena takwanya . 2 . Persaudaraan :  Selama melaksanakan ibadah itu jamaah yang terdiri dari berbagai bangsa diseluruh dunia itu saling berkenalan.Hal itu tentu saja akan mempererat tali persaudaraan atau ukhuwah islamiyah diantara sesama mereka . 3 . Persatuan : Berdasarkan persamaan dan kedudukan , antara sesama muslim itulah akhirnya timbul persatuan dan kesatuan diantara mereka.
Selain hikmah tersebut diatas masih banyak lagi terdapat hikmah yang lain.Misalnya merupakan latihan ketaatan , ketabahan , dan kesabaran dalam melaksanakan perintah agama dan lainnya. Sebagaimana tersebut dalam Firman Allah SWT : (Artinya):" Dan umumkanlah kepada seluruh manusia agar mereka menunaikan ibadah Haji .Mereka akan datang ketempat itu dengan berjalan kaki dan berkendaraan dari segenap peloksok bumi dari tempat-tempat yang jauh supaya mereka menyaksikan berbagai manfaat bagi mereka dan selalu ingat kepada Allah dalam beberapa hari yang tertentu ." ( QS : Al Haji : 27- 28 ).
    Saudaraku , sesungguhnyalah ibadah Haji itu amat besar manfaatnya.Tidak saja orang yang melakukannya , akan tetapi juga bagi umat islam di seluruh dunia. Karena ibadah itu dapat mempersatukan umat islam diseluruh dunia , berdasarkan persaman dan persaudaraan .
                     *****
   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA