Peristiwa-Peristiwa Penting Di Akherat .

Dalam beriman kepada hari Kiamat itu kita diwajibkan juga untuk mempercayai peristiwa-peristiwa penting yang terjadi di akherat. Peristiwa tersebut diterangkan dalam Kitab Suci Al Qur'an dan Hadist Nabi SAW. Diantaranya ialah:
1 . Hari Kebangkitan : Yaitu hari dibangkitkannya manusia dari alam kubur.Mula-mula Malaikat Isrofil membunyikan serunai yang pertama , sebagai tanda hancurnya alam semesta ini .Kemudian setelah semuanya binasa maka sekali lagi Malaikat Isrofil membunyikan serunai sebagai tanda manusia dibangkitkan kembali dari alam kuburnya.
2 . Makhsyar : Kemudian manusia dikumpulkan dilapangan yang amat luas sekali. Itulah yang disebut Makhsyar , artinya tempat berkumpul. Di Makhsyar itulah manusia mendapatkan buku catatan amal perbuatannya selama hidup didunia.
3 . Mizan dan Hisab : Buku catatan itu kemudian ditimbang dalam timbangan amal , yang disebut Mizan , kemudian diperhitungkan dengan secermat-cermatnya , baik amal yang buruk maupun amal yang baik.Perhitungan ini disebut Hisab.
4 . Shirothol mustaqim : Selain penimbangan dan perhitungan setiap  orang harus melalui sebuah titian yang membentang diantara kedua tepi Neraka Jahanam. Itulah yang disebut Shirothol mustaqim .Bagi orang yang baik catatan amalnya akan dapat melewati titian itu yang akhirnya sampailah ke syurga.Sedangkan bagi orang yang jelek catatan amal perbuatannya ; ia akan jatuh kedalan Neraka.
5 . Syurga dan Neraka : Demikianlah akhirnya orang yang beriman dan beramal shaleh akhirnya dapat dimasukan ke syurga .Di syurga itulah mereka akan memperoleh kebahagiaan yang kekal abadi.Sebaliknya orang yang ingkar dan durhaka akan dimasukkan ke Neraka , tempat manusia mendapatkan kesengsaraan dan penderitaan yang tak ada taranya.
                        ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WANITA DUNIA LEBIH UTAMA DARIPADA BIDADARI SEPERTI KEUTAMAAN LAHIR ATAS BATHIN Posted on March 8, 2018 by H. Sunaryo A.Y.

BEBERAPA KEBIASAAN MASYARAKAT JAHILIYAH

SURAT AL-MULK DAPAT MENGELUARKAN PEMBACANYA DARI DALAM NERAKA UNTUK MEMASUKI SYURGA